Sunday 21 October 2012

Dimulai Dari Kesadaran Diri Sendiri

Hutan bukan milik perorangan atau hanya milik pemerintah saja tetapi juga milik kita semua. Kita mendapatkan air bersih dan juga udara bersih karena adanya peran hutan di dalamnya. Kelestarian hutan maupun hewan-hewan yang ada di dalamnya merupakan tanggung jawab kita bersama. Hutan sangat penting bagi keseimbangan bumi ini. Tanpa hutan kita semua mati termasuk anak cucu kita kelak.

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki hutan tropis terbesar di dunia dan sekaligus salah satu sebagai penyumbang oksigen terbesar di dunia. Disamping pemilik hutan tropis terbesar di dunia Indonesia juga tercatat sebagai negara perusak hutan terparah di dunia.

Bumi kita sekarang ini sudah tidak seimbang lagi, perambahan dan kebakaran hutan dimana-mana. Bencana longsor dan banjir bandang kerap terjadi di negri ini. Banyak uraian air mata sanak saudara dari saudara kita yang menjadi korban jiwa bencana tersebut. Seperti halnya bencana yang terjadi di padang pariaman baru-baru ini, sebanyak 14 jiwa melayang. Air mata dan isak tangis dari saudara dan kerabat yang di tinggalkan berhamburan menghantar kepergian mereka.



Haruskah kita menunggu jatuhnya korban yang lebih banyak lagi ? Haruskah kita merasakannya agar kita semua sadar pentingnya peran hutan bagi kehidupan kita ?

Sebagai rimbawan saya mengajak saudara untuk meningkatkan kesadaran pada diri kita sendiri bahwa hutan adalah jantung kehidupan kita. Marilah kita mulai dari hal-hal yang paling kecil dahulu seperti menghemat pemakaian kertas. Setelah dapat melakukan hal kecil tersebut, kita dapat melakukan hal yang lebih besar lagi seperti halnya melakukan reboisasi.

Ini semua demi kelangsungan hidup kita dan juga sebagai persiapan untuk anak cucu kita nanti.

Salam Rimbawan

No comments:

Post a Comment

Budayakan Budaya Sopan
No SARA
Peace
Hijau Alam Kita