Wednesday 17 October 2012

Proses Biokimia


Pada Air

Awan terbentuk akibat adanya penguapan air laut dan air darat akibat adanya panas dari matahari. Uap air terkondensasi menjadi awan dan turun ke permukaan bumi dalam bentuk air hujan. Di permukaan bumi air hujan tersebut membentuk air tanah dan air permukaan tanah.

Makhluk hidup di permukaan bumi membutuhkan air dalam kelangsungan hidupnya. Seperti halnya pada manusia, hewan dan tumbuhan.

·        Manusia dan Hewan
Manusia dan hewan memperoleh air langsung dari permukaan tanah ( air permukaan tanah ) yang kemudian di keluarkan kembali dalam bentuk urine,keringat dan air mata setelah mengalami proses di dalam tubuhnya.

·        Tumbuhan
Tumbuhan menyerap air dari dalam tanah ( air tanah ) yang kemudian dikeluarkan melalui proses Transpirasi dan bentuk butir air. Air tanah dan air permukaan tanah mengalir ke sungai yang bermuara di danau dan di laut. Air yang ada pada danau dan laut akan menguap kembali akibat adanya panas dari matahari. Begitu seterusnya.

Pada Karbon

Kadar karbon di atmosfer bumi di pengaruhi oleh proses fotosintesis dan respirasi pada manusia dan hewan. Sebagian karena adanya proses pembakaran kayu yang menyebabkan kadar karbon meningkat. Karbon terdapat pada udara dan air.
Pada proses fotosintesis karbon akan diserap oleh tumbuhan dan menghasilkan oksigen. Oksigen yang dihasilkan oleh tumbuhan melalui proses fotosintesis akan dihirup oleh manusia dan hewan untuk melakukan respirasi. Pada saat terjadinya respirasi akan dihasilkan karbon yang akan diserap tumbuhan dalam proses fotosintesis. Begitu seterusnya.

Pada Nitrogen

Siklus biokimia pada nitrogen mengalami 2 tahapan, yaitu :

·        Tahap Pertama
Daur nitrogen merupakan proses transfer nitrogen ke dalam tanah melalui air hujan dan proses fiksasi nitrogen oleh bakteri Rhizobium yang bersimbiosis dengan bakteri Azotobacter, Clostridium, polong-polongan dan tumbuhan ganggang hijau.

·        Tahap Kedua
Tumbuhan memerlukan nitrat dari hasil fiksasi biologis untuk diubah menjadi molekul protein. Hewan akan memakan tumbuhan untuk kelangsungan hidupnya. Jika hewan dan tumbuhan mati, maka dekomposer akan mengubahnya menjadi gas amoniak dan garam ammonium yang larut dalam air. Gas amoniak dan garam ammonium akan diubah oleh bakteri Nitrosomonas menjadi Nitrat. Apabila oksigen dalam tanah terbasa, maka dengan cepat Nitrat akan di ubah menjadi gas nitrogen yang dinamakan proses denitrifikasi.

Pada Posfor

Makhluk hidup memerlukan posfor dalam bentuk ATP sebagai sumber energi metabolisme sel. Posfor banyak terdapat di alam dalam bentuk ion posfat. Ion posfat terdapat pada bebatuan. Akibat adanya proses erosi dan pelapukan memungkinkan posfat larut ke dalam tanah dan terbawa menuju sungai dan laut akibat adanya proses hujan dan membentuk sedimen. Pergerakan dasar mengakibatkan sedimen yang mengandung posfat naik ke permukaan.

Tumbuhan mengambil posfat dari dalam tanah. Hewan Herbivora mendapatkan posfat dari tumbuhan yang dikomsumsinya. Hewan Karnivora mendapatkan posfat dari hewan herbivora yang dikonsumsinya. Hewan Omnivora dan manusia mendapatkan posfor dari tumbuhan dan hewan.

Manusia dan hewan akan mengeluarkan posfor melalui feses dan urine yang kemudian diuraikan oleh jamur dan bakteri sehingga menghasilkan posfor. Posfor yang dihasilkan oleh bakteri akan diserap kembali oleh tumbuhan.

No comments:

Post a Comment

Budayakan Budaya Sopan
No SARA
Peace
Hijau Alam Kita